Feeds:
Posts
Comments

Archive for June, 2008

Dear friends … howdy …

Today mo ngasih dikit untuk masalah Trigger… hmmm… sebetulnya bukan masalah seh, cuman buat gampang pekerjaan ajah.

Disini biasanya kalo kita gak mau menggunakan AUTO_INCREMENT nya mysql dan apa lagi kalo untuk mencatat kapan record di create atau di update (kalo lewat program) kan repod tuh …

Nah, sekarang kita bisa menggunakan Trigger tapi ini khusus untuk MySQL 5 up …

Caranya … langsung ajah ke trigger nya :

Trigger untuk before insert, untuk nambahin ID dan set Create Date nya

CREATE TRIGGER nama_trigger_insert before insert on tabelnya for each row 
begin   
  set new.create_date = now(), new.update_date = '0000-00-00 00:00:00';   
  set @maxId = (select max(m_id) from tablenya); 
  set new.m_id = if (@maxId is null, 1, @maxId + 1); 
end;

Nah, sekarang untuk before update nya :

CREATE TRIGGER nama_trigger_update before update on tablenya for each row  
set new.update_date = now(), new.create_date = old.create_date;

Sekadar informasi tambahan :

  1. Untuk nama trigger gak boleh sama tiap table, terserah namanya apa.
  2. Field create_date dan update_date itu typenya TIMESTAMP default value ‘0000-00-00 00:00:00’.
  3. Field maxId itu type datanya boleh DOUBLE atau INTEGER.

Udah deh, tinggal pake 😀

Salam Coding … even you’re now youngest anymore…. 😎

Cheers,

Man’z

Read Full Post »

Penerbangan terakhir kita bukan pesawat air lines yang mewah … tetapi kranda yg dipandu manusia dengan bendera putih dan ucapan Lailahhaillalah.

Bekal kita bukanlah roti dan nasi tapi amal dan ibadah.

Baju yang kita pake bukan merek levis tetapi kain kafan berwarna putih.

Yang melayani kita bukan pramugari yang cantik tetapi Malaikat Munkar dan Nakir.

Wangi kita bukan wangi bulgari tetapi wangi kapur barus.

Pendaratan kita bukan di korea, jepang atau amerika tetapi dikuburan, yang sempit hanya 2×1

Pasport dan visa kita bukan inallillahi tetapi agama Islam.

Tempat tidur kita bukan springbed yang empuk tetapi tanah yang bertebaran bunga melati dingin dan keras.

Ingatlah saudara – saudaraku…

Sudah siapkah engkau menghadapi ini semua ?, sudah ber-amal-kah engkau hari ini …

Carilah rezeki seakan engkau akan hidup 1000 tahun lagi, tapi jangan lupa beribadah karena engkau akan mati nanti …

Engkau akan mendapat gelar ALM yang akan dikenal di seantero jagad kalau engkau di rahmati oleh Allah Azza wa-Jalla

Sudah siapkah …

Sudah siapkah …

Sudah siapkah ……

Disadur dari friend on YM dan ditambah beberapa kata bijak…

Read Full Post »

Dear my friend… welcome back …

Wuah terlambat posting nih info nya hasil dari workshop kemarin…. Rupanya workshop kemarin itu lumayan bikin puanas otak dan bikin puter puter otak mencari kata buat program di SAP.

Session demi session diterangkan ama mbah – mbah SAP ( yang jelas bukan mbah jambrong 😀 ) … tapi sayang … waktos na yeuhhh ceuk urang sunda mah … waktos tidak enough…

Dari 5 sesi cuman 3 sesi yang high performance, dan 2 sesi ketinggalan dan hanya di review dikit ajah … Lumayan lah … meskipun dikit tapi dapet dari pada engga sama sekali … tul gak 😀

Pelajaran ABAP dari awal mulai mengenali bahasanya… structures … data type .. dan etc etc etc … buanyak banged etc nyah 😀 …

Dan juga ada sedikit latihan – latihan buat ngelancarin ABAPnya … ternyata … SAP-ABAP tidak sesulit apa yang dibayangkan … cuman susah doank … wakakakakakakak 😀

Salam,

Man’z

Read Full Post »

Selamat puagi semuanyah .. Pagi yang indah tapi agak cenderung mendung dalam perjalanan untuk training buat SAP. Disini diperkenalkan dari installasi SAP/Netweaver nya dan juga belajar ABAP BC400 sebagai dasar SAP.

Training ini di tutor oleh mbah – mbah SAP dari orang Indonesia yaitu Mr. Yayan Irianto atawa yang sering dikenal dengan Kang Yayan dan Mr. Syarwani atau dikenal dengan Kang Iwan. Tutorial berjalan interaktif sekali antara mbah dengan peserta …

Sekarang, trus ngapain … tunggu berita selanjutnya ..

Oh ya, training ini dimulai dari jam 7:30 sampai 16:30 … tapi sekarang belon nyampe 16:30 dan lokasinya di Hotel Permata Cilegon ….

Next … just waiting

Keep spirit in Programming and updating the technology even your age are not youngest anymore …. 😀

Cheers,

Man’z

Read Full Post »

Gutten Morgen …

Howdy all of my friendz …

Kali ini aku akan ngasih dikit entrik untuk saving JPEG image ke MySQL table.

Pertama kali buat dulu table nya :

  Create Table MyImage ( image_1 longblob );  

dah gitu ajah … trus ketik nih coding nya di Delphi …

<strong>
<pre><span style="color:#000080;">Uses   JPEG;  &lt;-- jangan hilap alias lupe     

procedure SavingImageJPEG; 
Var      
  JPEG: TJPEGImage;   

begin         
  JPEG := TJPEGImage.Create;         
  try               
    jpeg.LoadFromFile('c:\users\rachman\pictures\manz.jpg');               
    ztable1.Append;               
    ztable1.FieldByName('image_1').Assign(jpeg);               
    ztable1.Post;         
  finally               
    jpeg.Free;         
  end; 
end; </span></pre>
</strong>

Nah, entu deh, gw pake koneksi nya ke table pake Zeos, jadi kalo mo masukin Image … jangan kayak biasa, tapi di Assign();

Entu kan diatas pake table append langsung … nah sekarang gemane carane pake SQL :

<pre><span style="color:#000080;">procedure saveImagePakeSQL; 
var   
  JPEG: TJPEGImage;   
  MS: TMemoryStream;  

begin   
  ms := TMemoryStream.Create;   
  jpeg := TJEPGImage.Create;   
  jpeg.LoadFromFile('c:\users\rachman\pictures\muruluk.jpg');   
  jpeg.SaveToStream(ms);   
  ms.Position := 0;   
  zquery1.ParamByName('pimage').LoadFromStream(MS, ftgraphic);   
  zquery1.ExecSQL; 
end;</span></pre>

Begetoo…

Salam Delphi Coderz

Man’z

Read Full Post »

Surga bagi pelacur

Surga Untuk Pelacur

Rasulullah –Shallallaahu ‘ Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam mengkisahkan dalam riwayat sahih Bukhari dan Muslim tentang seorang Pelacur yang masuk surga
karena memberi minum anjing…

Al-Kisah…Pada suatu hari seorang Pelacur melihat seekor anjing yang hampir mati karena kehausan…Pelacur itu merasa kasihan terhadap anjing tersebut lalu ia melepas sepatunya untuk mengambilkan air minum dan memberikannya kepada anjing tersebut…Allah mengampuni dosa-dosa Pelacur itu dan memasukkannya ke dalam surga karena memberikan minum kepada anjing yang kehausan…

Hikmah:

Betapa luas rahmat kasih sayang Allah.
Keutamaan sifat rahmat kasih sayang.
Rasulullah –Shallallaahu ‘ Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda:
“Orang-orang yang penyayang pasti di sayang oleh Sang Maha Penyayang. Sayangi yang di bumi, pasti yang di langit sayang kepadamu.”…
“Siapa yang tidak menyayangi, dia tidak akan di sayangi.”
Keutamaan ikhlas, karena Pelacur itu memberikan minum kepada anjing dengan ikhlas tanpa ada seorangpun yang melihatnya.
Kesempurnaan pahala tergantung kesempurnaan usaha, karena Pelacur itu berusaha untuk mengambil air dengan melepas sepatunya dan menghidangkannya kepada anjing.
Rasulullah –Shallallaahu ‘ Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda:
“Pahalamu tergantung kepayahanmu.”
Jangan mudah menjatuhkan vonis kepada sesama muslim…

source: http://www.hatibening.com/

Read Full Post »

Semua tentang Cinta

YA ALLAH…
Aku Mohon KepadaMU CintaMU…
Cinta Siapa Saja Yang MenCintaiMU…
Cinta Apa Saja Yang Mendekatkanku Kepada CintaMU..
Jadikanlah CintaMU Lebih Berharga Bagiku
Daripada Air Dingin Bagi Orang Yang Kehausan…

YA ALLAH…
Jadikanlah Aku MencintaiMU Dengan Sepenuh Hati…
Selalu Mencari RidhaMU Dengan Upaya Maksimalku…

YA ALLAH…
Jadikanlah Semua Cintaku Hanya UntukMU…
Semua Usahaku Hanya Untuk Meraih RidhaMU…

YA ALLAH…
Hidupkan Aku Dengan CintaMU…
Matikan Aku Dengan CintaMU…
Bangkitkan Aku Dengan CintaMU…
CintaMU Bagiku Adalah Segala-galanya…

Oh Rabbi…
Jika Cintaku Kau Ciptakan Untuk Dia
Tabahkan Hatinya
Teguhkan Imannya
Sucikan Cintanya
Lembutkan Rindunya

Rabbi….
Jika Hatiku Kau ciptakan Untuk Dia
Penuhi Hatinya Dengan KasihMU
Terangi Langkahnya Dengan CahayaMU
Bisikkan Kedamaian Dalam Kegalauan
Temani Dia Dalam Kesepian

Rabbi…
Kutitipkan Cintaku PadaMU Untuknya
Resapkan Rinduku Pada Rindunya
Mekarkan Cintaku Bersama Cintanya
Satukan Hidupku Dan Hidupnya
Dalam CintaMU…
Sebab, Sungguh Aku Mencintainya KarenaMU…

source: http://www.hatibening.com/

Read Full Post »

Older Posts »